Gfz9GSOlGSdoBSC6Gpd7TfCo

Naspi Arsyad Silaturrahim Serap Inspirasi dari Tokoh Kaltim Akhmari Shidiq


BALIKPAPAN -
Tidak mau melewatkan kesempatan ketika sedang berada di Balikpapan, Ustadz Naspi Arsyad (UNA) memanfaatkan momentum tersebut dengan bersilaturrahim kepada salah satu tokoh agama di Kota Beriman itu. Namanya Ust. Drs. H. Akhmari Shidiq.

Muballigh senior yang juga mantan anggota DPRD Kota Balikpapan 1999 – 2004 ini ditemui Naspi di kediamannya di Jalan Batu Butok, Balikpapan Utara, Kaltim, Selasa (13/6/20230).

Umumnya masyarakat Balikpapan sudah tak asing dengan nama Akhmari Shidiq. Dia merupakan tokoh Penggerak TK/TP Al Qur'an Balikpapan dan menjabat sebagai Ketua Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Taman Kanak-kanak Al-Quran Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (LPPTKA BKPRMI) Kota Balikpapan, dimana ia juga merupakan pendiri BKPRMI Balikpapan.

Kegemaran Akhmari Shidiq dalam dakwah pembinaan umat kian menonjol dengan kiprahnya sebagai pengajar di Kulliyyatul Muallimin Balikpapan. Tidak hanya itu, di bidang ketahanan keluarga, ia juga aktif berkecimpung dalam pembinaan komunitas Keluarga Sakinah Balikpapan.

Atas berbagai peran dan kiprahnya dalam pembangunan dan pengembangan masyarakat khususnya di bidang keagamaan, Akhmari Shidiq didapuk sebagai diantara tokoh yang terus berkarya bagi maslahat.

Belum lama ini Akhmari pun mendapat piagam penghargaan atas kiprahnya menggerakkan dan mengembangkan TP/TK Al Qur'an di Balikpapan tahun 2023 dari Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto.

Menurut Naspi, pria asal Jawa dengan 3 anak dan 2 cucu ini adalah sosok aktif dan punya kepedulian yang sangat tinggi terhadap Kota Balikpapan, terutama kaum janda, dhuafa dan anak yatim.

"Beliau sosok aktif dan punya kepedulian yang sangat tinggi terhadap Kota Balikpapan," kata Naspi kepada Kaltimtoday.com

Perjuangkan Guru Ngaji

Dalam silaturrahim tersebut berlangsung pula diskusi hangat dengan tokoh yang pernah menjadi Ketua Umum HMI Cabang Balikpapan dimasa H. Herman Okol sebagai Walikota Balikpapan.

Pada usianya sekarang yang tidak muda lagi, Akhmari Shidiq tetap semangat menyuarakan kepentingan rakyat. Bahkan ia masih berkomitmen untuk memperjuangkan profesi Guru TP/TK Al Qur'an agar mendapatkan penghargaan yang setara dengan pekerjaan mulia mereka.

"Saya tidak mempermasalahkan nominal bulanan yang didapatkan oleh para guru TK/TP Al Qur'an. Saya hanya menginginkan apresiasi yang sesuai dengan usaha mereka sebagai wujud harapan kita bersama yang ingin melihat generasi muda Indonesia tumbuh dengan karakter yang kuat," kata Akhmari Shidiq.

Menurut Akhmari, Balikpapan adalah kota dengan prospek masa depan yang sangat cerah. Maka, terang dia, sudah selayaknya dipersiapkan generasi muda untuk siap menghadapi tantangan zamannya nanti, terutama dari sektor ideologi dan ibadah mereka.

Akhmari pun menyoroti problem kerenggangan dalam tubuh masyarakat Indonesia khususnya dalam internal umat Islam yang acapkali berseteru pada hal yang tidak substantif sehingga menyebabkan sukar bersatu.

Realitas ini menurutnya salah satu fakta pahit yang menimpa umat Islam, dimana persatuan dan ikatan persaudaraan masih sulit diwujudkan.

"Umat Islam sangat mudah terprovokasi, mengklaim kebenaran secara sepihak sehingga sulit menerima peran pihak lain dalam membangun gerakan dakwah secara bersama. Padahal, lapangan dakwah ini sangat luas dan tidak bisa dipikul oleh satu atau kelompok tertentu," kata pria kharismatik ini.

Dalam kesempatan yang sama, Naspi Arsyad yang merupakan salah satu tokoh muda Balikpapan yang juga concern terhadap generasi muda Indonesia mengaminkan obsesi Akhmari Shidiq.

"Kita berkomitmen untuk turut terlibat dalam gerakan sosial yang digagas oleh Ustadz Akhmari demi terwujudnya masyarakat Balikpapan yang maju dan bermartabat," tandas Naspi yang merupakan Bacaleg DPD RI 2024 asal Kaltim.*/

YACONG B. HALIKE

Komentar0

Type above and press Enter to search.