Gfz9GSOlGSdoBSC6Gpd7TfCo

OIC-CA 2023 Agendakan Kunjungan ke Pesantren Hidayatullah Balikpapan


BALIKPAPAN -  Indonesia sebagai tuan rumah kegiatan Organization Islamic Cooperation - Cultural Activity 2023 (OIC-CA) memiliki sejumlah rangkaian kegiatan selama berlangsungnya acara. Salah satu rangkaiannya adalah kunjungan para peserta OIC-CA 2023 ke Ponpes Hidayatullah Gunung Tembak di Kelurahan Teritip, Kecamatan Balikpapan Timur, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Kunjungan ke pusat kultural Hidayatullah itu insya Allah dilakukan pada Selasa (11/7/2023) sore. Berdasarkan rundown resmi Panitia OIC-CA 2023, kunjungan delegasi OKI ke Ponpes Hidayatullah berlangsung pada pukul 15.00 – 18.30 WITA.

Sekretaris Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah (YPPH) Balikpapan, Ustadz Abul A’la Maududi menjelaskan diantara agenda mereka di Ponpes Hidayatullah yaitu melaksanakan shalat ashar dan shalat maghrib berjamaah di Masjid Ar-Riyadh.

Mereka juga akan menyaksikan langsung kegiatan keislaman di ponpes seluas 138 hektare itu. Kata Maududi, inti kedatangan para delegasi OKI adalah melihat langsung kultur di Pesantren Hidayatullah.

“(Seperti) shalat 5 waktu di masjid, kerja bakti,” kata Maududi dalam keterangannya dikutip dari laman resmi Kampus Induk Hidayatullah Balikpapan, Ummulqurahidayatullah.id, Senin (3/7/2023).

Ponpes Hidayatullah pun menyambut baik dan penuh suka cita atas agenda tamu resmi kenegaraan tersebut.

Menurut ketua panitia internal Hidayatullah penyambutan delegasi OKI, Ustadz Muhammad Dinul Haq, Lc., agenda OIC-CA di Gutem dikonsentrasikan pada empat tempat utama.

Yaitu di Masjid Ar-Riyadh, di Kantor YPPH Balikpapan, jalan tanggul sekitar danau buatan, serta area kampus putri.

Sebagaimana kultur di Pesantren Hidayatullah, tamu-tamu perempuan akan dikonsentrasikan di area putri yang terpisah dengan area putra.

Segenap pengurus pesantren hingga warga, santri, mahasantri, dan kaum Muslimah antusias mempersiapkan diri menyambut tamu-tamu dari berbagai negara tersebut. Kerja bakti (gotong royong) pun digencarkan.

Sebagaimana diketahui, OIC-CA pertama kali diadakan pada tahun sebelumnya di Uganda. Pada agenda kedua, tahun 2023 ini OIC-CA dilaksanakan di dua provinsi di Indonesia, yaitu DKI Jakarta dan Kalimantan Timur (Kaltim) pada 7-14 Juli 2023.

Helatan OIC-CA itu bertepatan jelang 140 hari gawean Silaturahim Nasional (Silatnas) Hidayatullah (23-26/11/2023) digelar di Kampus Induk Pondok Pesantren Hidayatullah Ummulqura Gunung Tembak.

Tentang OIC-CA

Perhelatan internasional OIC-CA adalah Kegiatan Kebudayaan (Organization Islamic Cooperation-Cultural Activity/OIC-CA) di Indonesia yang digelar Organisasi Kerja sama Islam (OKI).

Tahun ini Indonesia menjadi tuan rumah kegiatan dengan tema "Embracing Diversity and Advancing Harmony for the Brighter Future Society". Kegiatan OIC-CA sendiri diselenggarakan setiap tahun sejak 2004. Penyelenggaraan tahun 2023 akan diselenggarakan di DKI Jakarta dan Kalimantan Timur.

Kegiatan ini akan dilaksanakan selama tujuh hari, pada 7-14 Juli 2023, dengan prioritas area OIC  mencakup: Budaya Baru dan Globalisasi; Kewirausahaan Sosial, Budaya dan ekonomi Kreatif; dan Peningkatan Kapasitas Pemuda dalam Menghadapi Kemajuan Teknlogi. Penyelenggaraan kegiatan merupakan kerjama Kemenko PMK; Kemenpora; Kemenlu; Pemprov DKI; Pemprov Kaltim; OIC Indonesia dan OIC Youth Indonesia.

Anggota OIC-CA terdiri dari 56 negara dan akan hadir delegasi resmi OIC-CA berjumlah 112 orang. Setiap negara anggota OIC akan mengirimkan 1 delegasi perwakilan pemerintah dan 1 delegasi perwakilan pemuda. 

Komentar0

Type above and press Enter to search.